Minggu, 10 November 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » Tips Cara Mengetahui Asal Pengunjung Blog dengan Widget Freedjit

Tips Cara Mengetahui Asal Pengunjung Blog dengan Widget Freedjit

Blog Visitors


Saya pernah melihat sebuah blog yang memiliki fasilitas atau alat untuk melacak pengunjung yang datang ke blog mereka. Sebagai seorang newbie, saya sangat tertarik bagaimana cara memiliki sebuah widget yang bisa melakukan hal itu, agar saya bisa mengetahui dari mana saja pengunjung yang melihat blog saya termasuk juga, artikel mana yang dibaca.

Menurut saya, ada beberapa manfaat ketika kita memiliki widget ini:

Pertama, kita bisa mengetahui dari mana asal pengunjung blog, sehingga kita bisa mengevaluasi sebaran pengunjung blog kita. Mungkin dalam bahasa kerennya pangsa pasar blog kita.

Kedua, bahan evaluasi buat kita untuk menulis topic-topic yang menjadi trend dikalangan pengguna internet. Dari widget tersebut kita bisa mengetahui dari mana pengunjung berasal dan juga topik apa yang dicari. Dengan demikian kita akan mengetahui artikel mana yang paling sering dicari oleh pengunjung. Sehingga artikel-artikel dengan tema yang sejenis harus menjadi prioritas dalam postingan selanjutnya.

Bagaimana cara mendapatkan widget tersebut ?

Langkah Pertama
Masuklah ke situs FREEDJIT!

Langkah Kedua
Klik “Choose Your Freedjit”, kemudian akan muncul tiga pilihan, yaitu 2 diantaranya widget berbayar dan satu sisanya free. Anda bisa memilih yang free, kecuali anda ingin tampilan yang ekstra luar biasa dan pelayanan terbaik, anda bisa memilih yang berbayar.

Langkah ketiga
Klik “Sign Up” pada bagian “FREEDJIT Completely Free”, kemudian anda akan dibawa ke bagian kostumisasi widget yang akan dipasang di blog anda. Pilihlah kombinasi warna teks, latar belakang dan lain sebagainya, sebelum anda memasang widget tersebut di blog anda.

Langkah keempat
Setelah anda selesai melakukan kostumisasi pada widget anda, klik “Go” pada bagian “Instal Freedjit on my”. Kemudian klik “klik to open new window and isntall on blogger

Langkah kelima
Setelah muncul tab baru, tulislah judul di atas widget yang nanti akan dipasang di blog anda. Bagian ini juga bisa dikosongkan jika anda tidak ingin memberi judul. Selanjutnya klik “add widget”. Anda akan dibawa ke halaman blog anda ke bagian tata letak. Letakanlah widget yang telah terpasang di blog anda pada posisi yang anda inginkan. Caranya cukup dengan drag widget tersebut pada posisi yang anda inginkan.

Langkah keenam
Save dan lihat hasilnya! Sekarang anda telah memiliki widget freedjit yang bisa anda gunakan untuk melacak pengunjung blog anda.

Demikian sedikit tips yang bisa saya berikan untuk hari ini. Semoga tips ini bermanfaat buat anda.

Salam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar