Jumat, 25 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Susu Kedelai
Susu Kedelai - Dulu mungkin kedelai hanya dikenal sebagai bahan dasar untuk membuat tempe, tahu, atau kecap. Namun, sekarang-sekarang ini banyak sekali kita jumpai kedelai yang dipakai untuk bahan dasar membuat susu. Yupz, susu kedelai.

Susu kedelai sekarang mudah sekali dijumpai di sekeliling kita, mulai dari
yang dijual di warung-warung kecil sampai di toko-toko obat. Akan tetapi, jika yang ada di toko biasanya dikemas dan masih berbentuk serbuk dan harus ditambah air dulu baru bisa dikonsumsi.

Sebenarnya susu kedelai bukanlah susu seperti susu yang pada umumnya yang dihasilkan oleh hewan, melainkan susu kedelai ialah sari dari kedelai yang di ekstrak melalui beberapa proses kemudian diberi rasa manis, sehingga karena bentuk dan rasanya manis seperti susu maka disebutlah sebagai susu kedelai.

Selain bentuk dan rasanya seperti susu, ternyata komposisi gizi yang ada pada susu kedelai juga hampir sama dengan yang ada pada susu. Bagi Anda yang mungkin alergi atau menghindari kolesterol dari susu sapi atau susu yang lain, Anda bisa menjadikan susu kedelai ini sebagai salah satu alternatif sebagai pengganti susu karena susu kedelai tidak ada kandungan kolestrol nya.

Lalu kandungan apa saja yang ada pada susu kedelai yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh? Kandungan dalam susu kedelai misalnya seperti protein, lemak nabati, serat, mineral, karbohidrat, polisakarida, selenium, asam amino, isoflavon, vitamin A, B1, B2, E, dan K. Lumayan banyak kan?

Seperti apa sajakah manfaat susu kedelai yang bisa kita ambil untuk kesehatan tubuh? Berikut manfaat susu kedelai bagi kesehatan.
  1. Anti kanker
    Dengan kandungan yang ada di dalam susu kedelai seperti  selenium, isoflavon, dan asam amino bisa mengatasi sel-sel penyebab munculnya kanker.
  2. Menurunkan kolesterol
    Susu biasanya kaya akan kandungan kolesterol, akan tetapi susu kedelai ini sama sekali tidak mengandung kolesterol jahat. Justru susu kedelai kaya akan kandungan lemak baik yang bisa menjadikan jantung menjadi sehat.
  3. Menurunkan berat badan
    Susu pada umumnya juga memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Misalnya dalam satu cangkir susu sapi memiliki kandungan gula sekitar 12 gr sedangkan susu kedelai hanya mengandung 7 gr saja. Kandungan serat dalam susu kedelai juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan jumlah porsi makan.
  4. Mencegah osteoporosis
    Bukan hanya susu sapi atau susu lainnya yang bisa mencegah terhadap osteoporosis, ternyata susu kedelai juga bisa lho. Fitoestrogen yang ada dalam susu kedelai  bisa membantu tubuh dalam mempercepat penyerapan kalsium sehingga kepadatan massa tulang tubuh akan tetap terjaga.
  5. Sumber protein
    Sumber protein yang ada di dalamnya, yakni protein nabati juga baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang  sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis.
  6. Menyehatkan jantung
    Lemak jenuh atau lemak jahat dalam kedelai sangatlah minim, sebab jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi  efeknya sangat buruk sekali bagi tubuh dan salah satunya risiko munculnya penyakit jantung. Maka dari itu, karena susu kedelai minim lemak jenuh sehingga sangat baik buat kesehatan jantung dan tidak membikin badan jadi gemuk.
  7. Mencegah penuaan
    Seperti artikel yang telah kita bahas tentang cara mengatasi penuaan, ternyata susu kedelai juga bisa lho. Setelah kita melakukan perawatan dari luar, ternyata perawatan dari dalam juga diperlukan yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan  vitamin dan gizi. Salah satu menu yang harus dikonsumsi untuk menjaga kulit agar awet muda ialah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Hal tersebut disebabkan karena susu kedelai kaya akan vitamin E dan zat anti aging yang bisa melawan penuaan.
Demikian lah bahasan artikel tentang susu keledai semoga artikel ini bermanfaat!

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang tidak kalah menarik. Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan atau Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar