Kamis, 20 Februari 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » Ketika Usia Mulai Senja

Ketika Usia Mulai Senja

Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasa.
Penuaan adalah proses alamiah yang pasti dialami oleh setiap orang. Semua manusia tidak bisa menghindari usia tua, selalu berharap mendapat umur panjang dan sedikit yang menginginkan menjadi tua. Beragam cara dilakukan manusia untuk memanipulasi penampilan jasmaniah sehingga tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya,namun pergumulan batiniah tetap tidak bisa disembunyikan. Rasa khawatir terhadap umur yang terus bertambah, membuat tidak semua orang siap menghadapi perubahan fisik dan mental  di usia tengah baya. Banyak yang stres dan kehilangan keseimbangan, sehingga tidak lagi mampu menikmati hidup

.Ketika usia memasuki senja, ada bagian-bagian tertentu dari tubuh yang mengalami kemunduran fungsi, sehingga ia harus menyesuaikan diri dengan kondisi tubuhnya yang tidak sehebat ketika masih muda. Faktor-faktor pembatas karena usia, kesehatan, kesempatan, dan kemampuan fisik mulai menurun, perubahan emosional seperti rasa sedih, depresi, kesendirian yang lebih banyak menyerang usia paro baya. Oleh sebab itu, semakin banyaknya tantangan jasmani yang harus dihadapi, menjadikan orang diusia ini lebih mendekatkan diri pada Penciptanya. Hanya saja, terkadang hubungan dirinya dengan Allah, seringkali terganggu oleh sifat manusia yang materialis, hal ini disebabkan karena mereka ingin terlihat mampu meski usia sudah tua, dan menghindari jadi beban keluarganya.

Semakin tua umur manusia, yang diharapkanya adalah rasa kebersamaan bersama keluarganya. Perhatian dan kasih sayang merupakan bagian terpenting yang diperlukan pada orang diusia ini, dan hal itu ingin didapatkannya dari pasangannya. Oleh sebab itu, Pada usia tengah baya, tidak ada kehilangan yang lebih besar daripada kehilangan pasangan hidup. perubahan dalam hubungan pernikahan, konflik-konflik dalam keluarga dekat dan keluarga besar, serta berkurangnya kepekaan pancaindera. Hal inilah yang membuat seseorang menarik diri dari lingkungan sosial,sebab ia membutuhkan persahabatan dibina berdasarkan kasih tak bersyarat.

Kita semua akan menjadi tua. Oleh karena itu, berbahagialah orang-orang yang dikaruniai umur panjang, sebab Allah memberikan kesempatan kepadanya untuk menyaksikan dan menikmati banyak peristiwa. Mengucap syukur merupakan satu tahap yang sangat penting ketika bersukacita dan ketika berada dalam kesulitan fisik karena usia.  Waktu adalah  ukuran keabadian, Tak ada yang lebih lambat bagi mereka yang sedang menunggu, dan tak ada yang lebih cepat berlalu untuk mereka yang sedang menikmati hidup. Waktu membuat semua yang patut dikenang terlupakan dan yang pantas diingat menjadi abadi. ( untuk ibu ayah tercinta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar